Tuesday, September 26, 2017

Cara Sukses Kirim PMP 2017

Cara Sukses Kirim PMP 2017

Dirjen Dikdasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI memberikan batas waktu pengiriman PMP sampai tanggal 30 September 2017. Hingga saat artikel ini ditulis, jumlah sekolah yang sudah mengirim data PMP melalui aplikasi PMP baru mencapai 99.582 sekolah dari jumlah sekolah keseluruhan yang menjadi target 214.660 sekolah. Itu artinya progress pengiriman PMP secara nasional baru mencapai 46,4%. Masih ada sekitar 115.078 sekolah yang belum melakukan pengiriman data PMP. Padahal tiga hari lagi server pengiriman PMP akan ditutup. Oleh karena itu masing-masing sekolah diharapkan segera mengirim data PMP sebelum server ditutup.

Sebagaimana diketahui bahwa pengiriman data PMP dilakukan secara online melalui aplikasi PMP 2017. Saat ini aplikasi PMP yang digunakan adalah aplikasi PMP versi 2.1. Karena pengiriman data PMP bersifat online maka koneksi jaringan internet menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan dan kesuksesan pengiriman data PMP.

Untuk mengirim data PMP terlebih dahulu semua kuesioner bagi kepala sekolah, PTK, Peserta Didik, Komite Sekolah dan Pengawas harus sudah terisi dan terkonfirmasi semua sesuai dengan jumlah minimal yang ditentukan oleh sistem. Saat ini jumlah minimal responden yang diharuskan mengisi kuesioner adalah 27 responden. Jika sudah terisi semua kuesioner 100% dan sudah terkonfirmasi semua jawaban kuesioner PMP, maka proses pengiriman data PMP bisa dilakukan.
Untuk tugas pengiriman data PMP menjadi tanggung jawab operator sekolah. Jadi untuk mengirim data PMP dilakukan melalui menu login operator sekolah menggunakan username dan password dapodik. Bagi yang masih bingung cara kirim PMP 2017 bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Pastikan laptop/komputer yang terpasang aplikasi PMP terkoneksi internet dengan jaringan yang stabil.
2. Login PMP sebagai operator sekolah (login menggunakan username dan password dapodik)


3. Klik tab verifikasi pada sidebar untuk memastikan semua responden mengisi semua jawaban kuesioner PMP
4. Klik tab Kirim Data untuk memastikan semua responden yang mengisi kuesioner telah melakukan konfirmasi jawaban kuesioner PMP


5. Klik tombol Kirim Data di pojok kiri bawah untuk mengirim data PMP (Tombol Kirim akan aktif jika semua responden sudah melakukan konfirmasi/centang hijau)


6. Akan muncul jendela baru proses pengiriman PMP
7. Centang semua responden yang akan dikirim data kuesioner PMP nya
8. Klik Kirim Data Pengguna Terpilih. Jangan menutup jendela  proses pengiriman sebelum ada notifikasi selesai.

9. Tunggu hingga muncul notifikasi selesai pengiriman PMP


10. Selanjutnya cek di beranda pada log pengiriman sekolah, akan muncul notifikasi berhasil. Jika belum muncul refresh aplikasi.



Bagaimana, cukup mudah bukan cara sukses kirim PMP 2017. Untuk bisa tampil di progress pengiriman secara nasional membutuhkan waktu minimal 1x24 jam. Jadi tidak usah gelisah jika setelah kirim, kemudian mengecek di server PMP ternyata masih tercatat belum kirim. Tunggu sampe 1 x 24 jam atau 2 x 24 Jam.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.