Tuesday, October 17, 2017

Release Installer dan Updater Aplikasi Dapodik Versi 2018a

Installer Dapodik Versi 2018a
Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI senantiasa melakukan pengembangan-pengembangan sistem pendataan data pokok pendidikan guna mengakomodir kebijakan-kebijakan stakeholder pendidikan. Setelah release aplikasi dapodik versi 2018 tanggal 4 Agustus 2017 yang lalu, Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI kembali merelease Pembaharuan Aplikasi Dapodik ke versi yang terbaru. Tepat tanggal 13 Oktober 2017 yang lalu Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI merelase aplikasi dapodik versi terbaru yaitu aplikasi Dapodik versi 2018a dalam bentuk updater/patch dan installer.

Tujuan pembaharuan aplikasi dapodik 2018a yaitu untuk penyempurnaan aplikasi dapodik dan mengakomodir dinamika perubahan struktur kurikulum SMK 2013 revisi dan spectrum 2016. Di samping itu, perubahan-perubahan yang terdapat pada apliaksi dapodik versi 2018a ini ditujukan kepada semua satuan pendidikan yang meliputi aspek keamanan, kelengkapan referensi kurikulum 2013, perbaikan bugs dan penambahan rule validasi.
Baca : Daftar Perubahan dan Pembaharuan Aplikasi Dapodik Versi 2018a
Dengan dikeluarkannya aplikasi dapodik versi terbaru ini, diharapkan pihak sekolah segera mengupgrade dan mengupdate aplikasi dapodik yang sudah terinstal di laptop atau Personal Computer Desktop. Kepala sekolah selaku pimpinan satuan pendidikan diharapkan menjalankan supervisi managerial dalam pengerjaan dan pengelolaan dapodik dan bertanggung jawab penuh atas validitas data dapodik yang dikirimkan ke pusat melalui mekanisme sinkronisasi dapodik.

Aplikasi Dapodik yang terbaru ini disediakan dalam bentuk installer dan updater. Dengan demikian sekolah bisa memilih mana yang sesuai dengan kondisi di lapangan. Installer Dapodik Versi 2018a digunakan hanya bagi sekolah yang sudah pernah melakukan sinkroniasi dapodik di semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 menggunakan versi sebelumnya. Jadi kalau belum pernah sinkron dapodik, sangat dianjurkan untuk menggunakan updater patch dapodik 2018a.
Baca : Cara Instal dan Update Aplikasi Dapodik Versi Terbaru (Versi 2018a)
Jika menggunakan updater patch dapodik 2018a, maka tidak perlu melakukan install ulang aplikasi dapodik versi lawas yang masih terpasang di laptop. Namun jika menggunakan installer dapodik versi 2018a, maka aplikasi dapodik versi lawas yang terpasang di laptop harus di uninstall terlebih dahulu. Aplikasi dapodik versi terbaru (versi 2018a) dapat diunduh melalui link di bawah ini

1. Download Installer Aplikasi Dapodik Versi 2018a
2. Download Updater/Patch Aplikasi Dapodik Versi 2018a

Selain installer dan updater aplikasi dapodik versi 2018a, Dirjen Dikdasmen juga menyediakan panduan aplikasi dapodik versi 2018a. Alangkah lebih baik jika rekan-rekan operator membaca terlebih dahulu panduan aplikasi dapodik versi 2018a sebelum memperbaharui aplikasi dapodik. Sehingga rekan-rekan operator memahami fitur-fitur baru yang ada pada dapodik. Panduan aplikasi dapodik 2018a dapat diunduh disini.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.