Wednesday, November 8, 2017

Cara Mudah Mendaftar Sebagai Peserta PPG 2017

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI kembali menyelenggarakan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) atau PPGJ tahun 2017. Program ini diprioritaskan kepada guru yang bertugas atau mengajar namun belum memiliki sertifikat keahlian di bidang tugasnya. Dalam hal ini, Kemendikbud telah menyeleksi guru-guru di seluruh Indonesia yang berkesempatan untuk mengikuti program PPG 2017 dengan merelease daftar nominatif peserta PPGJ 2017 yang diumumkan dalam undangan melalui aplikasi SIMPKB.

Oleh karena itu guru hendaknya secara individu mengecek apakah dirinya termasuk dalam daftar nominasi peserta PPG 2017 atau tidak dengan login akun SIMPKB. Jika beruntung guru akan mendapat undangan untuk mengikuti PPGJ 2017. Seperti diketahui bersama bahwa Program Pendidikan Profesi Guru tahun 2017 memanfaatkan database pada aplikasi dapodik. Bagi guru yang memenuhi syarat akan mendapat undangan melalui aplikasi SIMPKB. Namun bagi yang tidak memenuhi syarat untuk mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan akan mendapat pemberitahuan bahwa yang bersangkutan tidak diundang untuk mengikuti program PPG karena ada beberapa syarat yang belum terpenuhi atau karena kesalahan dalam entrian data di dapodik.
Baca :
Inilah Syarat Mengikuti Program PPGJ 2017, No 1 Bikin Geleng-geleng Kepala!
Inilah Alasan Menohok Kenapa Guru Tidak Diundang Mengikuti Program PPGJ 2017
Bagi guru yang beruntung mendapat undangan mengikuti PPG 2017, maka diminta mendaftar segera sebagai calon peserta PPG 2017. Untuk tata cara mendaftar sebagai peserta PPG 2017 seperti diuraikan berikut ini.

1. Login ke aplikasi SIMPKB menggunakan akun dan password SIMPKB.
2. Klik ‘MENDAFTAR’ pada kotak dialog undangan mengikuti PPG


3. Pada halaman baru yang muncul klik tombol ‘MENDAFTAR SEKARANG’


4. Selanjutnya, lengkapi data ajuan Anda pada halaman formulir pendaftaran. Pastikan data yang Anda isikan sesuai dengan Ijazah Anda


5. Cek kembali data yang Anda daftarkan, jika telah sesuai klik ‘DAFTARKAN’


6. Pada kotak dialog yang muncul, klik tombol ‘CETAK BUKTI AJUAN’ untuk mencetak surat ajuan pendaftaran peserta PPG Anda atau klik tombol ‘BATAL AJUAN’ untuk membatalkan ajuan Anda


7. Setelah Anda mencetak Tanda Bukti Penerimaan Ajuan yang dikeluarkan oleh sistem tersebut, silakan tunggu LPMP Provinsi setempat untuk melakukan verifikasi terhadap ajuan pendaftaran Anda, tanda bukti tersebut  menandakan bahwa ajuan Anda telah tersimpan dalam sistem.
Berikut contoh surat Tanda Bukti Pengajuan Peserta Prog. Pendidikan Profesi Guru Tahun 2017


Pantau terus status ajuan Anda pada halaman ajuan PPG tersebut. Halaman tersebut dapat Anda akses melalui menu Prog. Pendidikan Profesi Guru dari halaman Beranda akun GTK.


Status ajuan PPG yang sudah diterima maupun yang ditolak oleh admin akan diberitahukan melalui menu PPG tersebut.  Oleh karena itu hendkanya guru rutin mengecek akun SIMPKB nya untuk mengetahui status ajuan menjadi peserta program PPG 2017.

2 comments:

  1. Saya 2016 pernah ikut pree tes
    Tapi tidak ada info kelanjutannya...
    2017 tidak dapat undangan tes..
    2018 saya dapat undangan pree tes tapi begitu daftar online...
    Kawan yg saya dapatkan malah "Ditolak secara permanen"...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa cek di simpkb nya, dan koordinasi dengan admin dinas. Jika linier pasti bisa

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.