Thursday, November 16, 2017

Cara Sukses Instal Aplikasi e-Rapor Versi 2018 (e-Rapor SMP)

Aplikasi e-Rapor (e-Rapor SMP) telah diluncurkan secara resmi oleh Kemendikbud RI beberapa hari yang lalu. Aplikasi e-Rapor yang direlease berupa installer aplikasi e-Rapor versi 2018 yang dikhususkan untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang menyelenggarakan kurikulum 2013. Installer Aplikasi e-Rapor versi 2018 ini mempunyai file size yang cukup besar yaitu 109.877 kb (109,8 MB).
Baca : Download Installer Aplikasi e-Rapor SMP Versi 2018
Aplikasi e-Rapor SMP ini dimaksudkan untuk membuat proses penilaian hasil belajar peserta didik, baik oleh pendidik maupun oleh satuan pendidikan dapat lebih sistematis, komprehensif, lebih akurat dan tentu saja lebih cepat penyelesainnya. Di samping itu, dengan adanya aplikasi e-Rapor SMP tersebut diharapkan dapat meningkatkan mutu dan layanan pendidikan di SMP, khususnya di bidang pengelolaan penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan. Aplikasi e-Rapor SMP ini juga sangat membantu guru selaku pendidik dalam merangcang, melaksanakan, mengolah, melaporkan dan memanfaatkan hasil penilaian dengan baik.
Baca : Tanya Jawab Seputar Permasalahan Aplikasi e-Rapor SMP
Aplikasi e-rapor versi 2018 ini merupakan aplikasi rapor berbasis web yang diperuntukkan untuk SMP. Hal ini berarti dalam satu sekolah aplikasi ini cukup diinstal pada server atau komputer yang difungsikan sebagai server. Sedangkan client (dalam hal ini admin, guru, wali kelas, dan peserta didik,kepala sekolah dan orang tua) dapat mengakses melalui komputer lain yang terhubung melalui jaringan baik internet, maupun intranet, dengan menggunakan web browser. Karena aplikasi e-Rapor SMP Versi 2018 ini terintegrasi dengan dapodik maka aplikasi e-Rapor harus di install pada laptop atau komputer yang sudah terintsal aplikasi dapodik.
Baca : Inilah Syarat dan Spesifikasi Laptop/Komputer yang bisa Diinstal Aplikasi e-Rapor SMP Versi 2018
Bagi rekan-rekan yang mengalami kesulitan dapat mengikuti cara  instalasi aplikasi e-Rapor SMP versi 2018 berikut ini.
1. Lakukan double klik pada ikon installer e-Rapor SMP yang mana telah kita unduh dan simpan


2. Selanjutnya klik 'Lanjut' pada jendela instalasi e-Rapor SMP.


3. Setelah itu akan muncul jendela baru berisi persetujuan instalasi aplikasi e-Rapor, Pilih 'Saya Setuju' Kemudian klik 'Lanjut'


4. Kemudian klik tombol “Lanjut” pilihan folder penempatan start menu (Perhatian : Jangan mengubah nama folder, biarkan secara default dari sistem)


5. Klik tombol “Lanjut” untuk melanjutkan instalasi, Selanjutnya klik tombol “Pasang” untuk melanjutkan instalasi


6. Tunggu proses instalasi sampai selesai yang ditunjukkan dengan progress bar warna hijau seperti di bawah ini


7. Klik tombol “Lanjut” untuk untuk proses finalisasi instalasi aplikasi e-rapor SMP

8. Klik tombol “ Selesai” untuk mengakhiri proses instalasi


9. Kemudian lakukan restart pada komputer

Cukup mudah bukan cara menginstal installer aplikasi e-Rapor SMP versi 2018. Namun yang perlu diperhatikan saat proses instalasi aplikasi e-Rapor SMP adalah setting language and region serta setting number, date dan time format pada perangkat laptop atau komputer. Untuk cara atau langkah mudah setting language and region setting serta number, date dan time format bisa di baca di sini.

4 comments:

  1. Replies
    1. Sama-sama pak. Semoga bisa membantu. Terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  2. Untuk setting databasenya gimana?

    ReplyDelete
  3. saat kita log in, pasword nya langsung ngilang.dan akhirnya log in erro,mohon solusinya pak,bu

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.