Wednesday, December 6, 2017

Download Contoh Surat Tugas Kegiatan PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan)

Contoh Surat Tugas Kegiatan PKB
Setiap kegiatan yang diikuti oleh pendidik dan tenaga kependidikan baik guru, petugas perpustakaan, tenaga TU, Operator maupun kepala sekolah tentunya harus didasari dengan surat tugas tanpa terkecuali. Dengan adanya surat tugas maka kegiatan yang diikuti tersebut adalah kegiatan resmi atau legal.

Surat tugas tersebut menunjukkan bahwa orang tersebut benar-benar meninggalkan tugas atau pekerjaannya di sekolah atau instansi dinas lainnya untuk mengikuti tugas kedinasan luar. Surat tugas juga membuat pegawai yang melaksanakan tugas tidak khawatir dalam perjalanan karena sudah mendapat ijin dari pimpinan tempat dia bekerja. Surat tugas juga member gambaran bahwa kegiatan yang dilaksanakan merupakan kegiatan dinas luar dengan jarak dan rentang waktu tertentu.

Begitu juga dengan kegiatan Pengembengan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang diselenggarakan oleh pemerintah tahun 2017 ini dalam pelaksanannya juga memerlukan surat tugas bagi guru yang mengikuti kegiatan tersebut. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang dilaksanakan dengan model in dan on ini mensyaratkan peserta PKB hadir dalam tatap muka langsung dalam beberapa sesi atau pertemuan dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Karena jadwal yang sudah ditentukam maka tentu saja kegiatan tersebut membutuhkan surat tugas sebagai bukti bahwa guru atau peserta program PKB bertindak tidak atas kemauan sendiri, akan tetapi ada dasar yang menjadi pedoman dalam mengikuti kegiatan tersebut. Karena terkadang pelaksanaan program PKB waktunya berbarengan dengan jam efektif mengajar atau pada saat KBM berlangsung sehingga guru harus meninggalkan kelas. Oleh karena itu guru perlu meminta surat tugas dari kepala sekolah selaku pimpinan di instansi tempat bekerja.
Baca : Download Contoh Surat Tugas Kegiatan Bimtek
Surat tugas merupakan frasa yang terdiri dari dua kata yaitu surat dan tugas. Surat dapat diartikan sebagai selembar kerta atau lebih yang berisi keterangan tertentu dengan berbagai maksud tertentu. Sementara itu, tugas didefinisikan sebagai suatu pekerjaan yang dibebankan dan menjadi tanggung jawab seseorang. Surat Tugas sendiri bisa diartikan sebagai surat resmi yang menerangkan atau menunjukkan bahwa orang yang namanya tercantum dalam surat tersebut diperintahkan untuk melaksanakan tugas tertentu berdasarkan undangan resmi maupun atas inisiatif sendiri.

Surat tugas dikeluarkan oleh kepala sekolah selaku pimpinan lembaga sekolah dengan tanda tangan asli yang dibubuhi dengan stempel resmi. Surat Tugas tersebut harus memuat identitas yang diberi tugas dan jenis, waktu dan tempat kegiatan yang akan dilaksanakan. Surat tugas sebaiknya disertai dengan SPPD (Surat Perintah Perjalanan Dinas).
Baca : Contoh SPPD yang Baik dan Benar
Berikut ini disajikan contoh surat tugas kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang bisa didownload dalam bentuk Microsoft Word dan PDF.

- Download Contoh Surat Tugas Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) - Word
- Download Contoh Surat Tugas Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) - Pdf

Perlu diketahui juga bahwa Penerbitan surat tugas tersebut harus dicatat dalam buku agenda surat keluar dan surat masuk sebagai wujud dari tertib administrasi sekolah.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.