Wednesday, January 31, 2018

Inilah Cara Ampuh Install Aplikasi Dapodik Versi Terbaru (Versi 2018b)

Instalasi Aplikasi Dapodik Versi 2018b
Aplikasi Dapodik versi terbaru telah diluncurkan secara resmi oleh Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI. Aplikasi Dapodik versi terbaru yang diluncurkan yaitu hanya berupa installer. Aplikasi dapodik versi yang terbaru adalah aplikasi dapodik versi 2018b sebagai pengganti aplikasi dapodik versi 2018a. Aplikasi dapodik versi 2018b ini diluncurkan tanggal 30 Januari 2018 sesuai janji seminggu sebelumnya.

Aplikasi Dapodik versi terbaru ini dimaksudkan sebagai upaya untuk memperbaiki dan memperbaharui beberapa fitur yang ada pada aplikasi Dapodik sehingga lebih nyaman digunakan oleh para pengguna aplikasi dapodik. Hal ini didadasari pada beberapa laporan terkait adanya bugs pada aplikasi dapodik versi lama (versi 2018a). Oleh karena itu dikembangkan lagi ke versi terbaru untuk menanggulangi beberapa permasalahan yang timbul pada aplikasi dapodik versi lawas tersebut. Di samping itu juga untuk kepentingan update data pokok pendidikan pada semester 2 tahun pelajaran 2017/2018.

Karena hanya ada satu jenis aplikasi dapodik versi 2018b (installer saja bukan updater) maka pengguna dapodik harus bijak dalam melakukan install aplikasi dapodik versi terbaru tersebut. Karena hanya menggunakan installer, maka aplikasi lama yang terinstal pada komputer atau laptop harus dicopot atau diunistall terlebih dahulu karena tidak bisa langsung ditindih. File installer aplikasi dapodik 2018b bisa didapatkan di halaman resmi Dapodikdasmen atau bisa di download disini.

Perlu diperhatikan bahwa ukuran file (File Size) dari installer aplikasi dapodik versi 2018b cukup besar jika dibandingkan aplikasi dapodik versi sebelumnya, yaitu  sebesar 63.746 kb atau 63,7 MB. Untuk itu, pastikan file installer yang terunduh memiliki file size tersebut jangan sampai kurang karena bisa menyebabkan proses instalasi aplikasi dapodik gagal.

Bagi rekan-rekan operator yang mengalami kesulitan dalam menginstal aplikasi dapodik versi 2018b terutama rekan-rekan operator dapodik baru, bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Unduh installer aplikasi dapodik versi 2018b
  2. Pastikan sudah pernah melakukan pengiriman data/sinkronisasi dapodik menggunakan aplikasi dapodik versi sebelumnya (2018a)  
  3. Bersihkan cache dan history pada komputer atau laptop.
  4. Buka folder penyimpanan file installer aplikasi Dapodik versi 2018b hasil unduhan tadi.
  5. Klik kanan file kemudian pilih dan klik Run as Administrator
  6. Ikuti setiap langkah instalasi Dapodik yang sudah disediakan dengang mengklik saya setuju, ok atau lanjut.
  7. Tunggu sampai ada notifikasi instalasi berhasil lalu klik OK
  8. Restart laptop atau komputer 
  9. Buka aplikasi Dapodik versi 2018b
  10. Tekan Ctrl+F5 pada keyboard agar tampilan di beranda menunjukkan versi 2018b
  11. Aplikasi dapodik versi 2018b sudah siap di registrasi dan digunakan.

Sekedar tips bagi pengguna yang menginstall aplikasi dapodik sebaiknya lakukan clear browsing history dan cache pada laptop atau komputer yang akan dipasang aplikasi dapodik. Begitu juga menonaktidkan antivirus yang terpasang di laptop atau komputer. Hal ini dimaksdukan untuk memperlancar proses instalasi agar tidak gagal di tengah jalan.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.