Thursday, March 1, 2018

Inillah Daftar Perbaikan dan Pembaharuan Aplikasi Dapodik Versi 2018b Patch 2.0. Yang Nomor Terakhir Bikin Ceria

Aplikasi Dapodik Versi 2018b Patch 2.0
Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa tepat tanggal 28 Februari 2018 kemarin, Ditjen Dikdasmen Kemendikbud RI telah resmi merelease Aplikasi Dapodik Versi 2018b Patch 2.0. Aplikasi dapodik yang direlease merupakan pengganti aplikasi dapodik versi 2018b patch 1.0.  Ditjen Dikdasmen Kemendikbud RI menyediakan dua pilihan untuk pembaharuan aplikasi Dapodik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan sekolah, yaitu berupa Installer Aplikasi Dapodik Versi 2018b Patch 2.0 dan berupa Updater (Patch) 2.0.

Tujuan dikeluarkannya aplikasi dapodik versi 2018b ini merupakan jawaban atas banyaknya keluhan yang muncur dari para operator dapodik di sekolah selaku pengguna aplikasi dapodik. Banyak operator dapodik yang mengeluhkan adanya bugs yang sedikit banyak cukup mengganggu jalannya pendataan di semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 ini. Adanya bugs tersebut juga dikhawatirkan akan mengganggu pemanfaatan data pokok pendidikan terhadap kebijakan-kebijakan di lingkungan Kemendikbud RI terutama kebijakan-kebijakan yang terkait dengan penerbitan SKTP, Ujian Nasional, Bantuan Operasional Sekolah dan sebagainya.

Oleh karena itu, Ditjen Dikdasmen kembali mengeluarkan pembaharuan aplikasi Dapodik dalam bentuk installer aplikasi dapodik versi 2018b patch 2.0 guna mengakomodir dan merespon berbagai keluhan operator dapodik. Beberapa perbaikan dan pembaharuan yang disertakan dalam aplikasi dapodik versi terbaru ini antara lain

  1. Perbaikan pada saat perubahan data Unit Usaha Kerjasama pada MoU Kerjasama
  2. Perbaikan pengaktifan kolom lintang dan bujur dapat diubah manual pada Peserta Didik
  3. Perbaikan pengaktifan kolom lintang dan bujur dapat diubah manual pada GTK
  4. Perbaikan bugs pada saat penambahan program/komptensi dilayani untuk SMA/SMK
  5. Perbaikan bugs pada saat perubahan data rombongan belajar
  6. Perbaikan bugs pada saat perubahan prasarana
  7. Perbaikan pada security aplikasi

Dengan adanya berbagai perbaikan tersebut diharapkan dapat mengurangi berbagai keluhan operator dapodik di sekolah.  Selain perbaikan tersebut juga ada pembaharuan beberapa tampilan antar muka dan pembaharuan database aplikasi dapodik.  Yang perlu menjadi perhatian adalah ketika sudah melakukan pembaharuan aplikasi adalah data informasi di beranda aplikasi dapodik yaitu

  1. Versi Aplikasi : v.2018.b
  2. Versi patch 2.0 (Rilis tgl 28 Februari 2018)
  3. Versi Database : 2.70

Informasi Database dan Aplikasi yang Digunakan
Dengan demikian operator dapodik harus memastikan bahwa versi aplikasi dapodik versi 2018b dan patch yang digunakan adalah versi patch 2.0. Disamping itu pada saat registrasi offline pada Aplikasi Dapodikdasmen operator dapodik Dillarang menggunakan prefill lama. Operator dapodik diwajibkan menggunakan prefill baru yang bisa diunduh di halaman dapo.dikdasmen.kemendikbud. Penggunaan prefill lama dapat menyebabkan data-data menjadi berganda.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.