Friday, December 22, 2017

Cara Pengaturan No Kursi dan Nomor Urut Rombel pada Manajemen PDUN

Pengaturan Nomor Kursi CPUN
Sebagaimana sudah kita ketahui bersama bahwa pendaftaran calon peserta Ujian Nasional (CPUN) dilaksanakan melalui manajemen PDUN yang datanya bersumber pada database aplikasi dapodik. Setiap perubahan data calon peserta ujian nasional dilakukan melalui mekanisme vervalpd.

Salah satu menu yang ada pada halaman manajemen PDUN adalah menu Pengaturan Nomor Kursi yang berfungsi untuk memberikan nomer urut rombel tingkat 6 yang akan mengikuti ujian nasional. Menu pengaturan nomor kursi wajib disetting agar pengguna dapat melakukan download rekap calon peserta ujian nasional (CPUN) dalam bentuk excel.

Untuk melakukan setting pengaturan nomor kursi Calon Peserta Ujian Nasional (CPUN) dan nomor urut rombel pada manajemen PDUN dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Siapkan username dan password yang digunakan saat login.
  2. Pastikan computer atau laptop tersambung dengan jaringan internet.
  3. Ketikkan alamat manajemen pendetaan UN : http://pdun.data.kemdikbud.go.id
  4. Saat muncul halaman login, isikan username dan password yang diminta (sama dengan login dapodik)
  5. Pilih dan Klik Calon Peserta UN pada menu sidebar. 
  6. Selanjutnya pilih dan Klik tab menu Pengaturan No Kursi
  7. Kemudian pilih dan klik tingat atau rombel yang akan disetting pengaturan kursi atau nomor urut rombel
  8. Isikan 01 untuk rombel pertama, 02 untuk rombel kedua, begitu seterusnya.
  9. Langkah berikutnya klik simpan kemudian close jendela pengaturan nomor kursi.
  10. Releoad halaman untuk memunculkan nomor urut rombel yang kita buat tadi pada daftar calon peserta ujian nasional (CPUN).

Untuk pemberian nomor urut rombel dalam pengaturan no kursi calon peserta ujian nasional (CPUN) disesuaikan dengan jumlah rombel yang ada di sekolah masing-masing. Misalnya di SD untuk tingkat 6 biasanya hanya ada satu rombel maka cukup diberikan no urut rombel 01. Namun jika rombel pararel maka nomor urut rombel disesuaikan dengan jumlah pararel rombel.
Baca : Sudah Fix! USBN SD Tahun 2018 Hanya 3 Mapel Bukan 8 Mapel!
Sebagai tambahan informasi saja, operator UN juga harus memastikan jenis kurikulum yang tercantum dalam manajemen PDUN. Jika siswa tingkat 6 menggunakan kurikulum KTSP maka pastikan dalam Manajemen PDUN juga harus tertulis Kurikulum KTSP.

Jika pengaturan nomor kursi atau nomor urut rombel sudah disetting maka sistem akan segera member nomor peserta ujian dan jika memang data calon peserta ujian nasional dirasa sudah fix dan valid, maka file dz dan BAC CPUN bisa segera didonwload dan diberikan admin UN DInas Pendidikan Kabupaten.

2 comments:

  1. sudah terlanjur tulis rombel akhirnya kelebihan, mau hapus gimana ya..

    ReplyDelete
  2. Siswa sya di pdun tidak muncul 1 knapa ya..?? Mohon solusinya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.